Jumat, 18 November 2011

LBT 10 # Chocolate Monkey Bread



Huaaa 4 bulan blog nya di biarkan tanpa penghuni. Maaf ya aku lagi tak semangat untuk foto makanan, hiks sungguh terlalu!! Orderan kukis pun banyak yang tidak sempat aku jepret jadilah blog ini kosong melompong selama 4 bulan. Di tambah lagi bulan september lalu hubby pulang ke Jakarta , cihuuuuy bulan madu lagi deh setelah 7 bulan ga ketemu , ehmm :D. Jadi bertambah deh alasan untuk tidak jeprat jepret makanan.

2 kali tantangan LBT pun lewat begitu saja, para host sudah melotot nih jadi aku harus ikut donk tantangan kali ini. Apalagi tema nya sweet bread , di rumah tuh sering banget aku bikin roti untuk snack anak anak . Paling sering yang di isi coklat atau keju bahan yang selalu siap sedia di rumah.

Tapi karena ini challenge harus bikin yang sedikit beda donk ah.. roti ini nama nya chocolate monkey bread lucu ya , kenapa di namakan seperti itu ? kan ini roti ga mirip sama si nyet nyet juga. Anyway rasanya enak dan bentuk nya cakep.. kalau di kemas dalam kotak cantik bisa untuk hantaran juga loh, ayoo siapa mau jualan?





Chocolate Monkey Bread
Resep : Primarasa

Bahan:
11 gr ragi instan
550 gr tepung terigu protein tinggi
75 gr gula pasir halus
3 butir telur
250 ml susu cair
1 1/4 sdt garam
85 gr mentega

Bahan pencelup:
100gr mentega
350gr mini coklat chip

Bahan olesan :
Susu cair secukupnya

Taburan:
1 sdm gula halus
2 sdt coklat bubuk

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan roti kecuali garam dan mentega. Aduk dengan tangan sampai kalis elastis. Atau bisa juga dengan mixer.

2. Setelah adonan kalis taruh dalam mangkuk tutup dengan plastik / serbet. Diamkan selama 1jam sampai mengembang.

3. Siapkan loyang chiffon diameter 22cm tinggi 15cm. Olesi seluruh permukaan loyang dengan mentega yang tebal, sisihkan.

4. Kempiskan adonan roti dengan cara di uleni sebentar, fungsinya untuk meratakan udara dalam adonan. Tutup lagi dan istirahatkan 10 menit.

5. Potong dan timbang adonan @30gr, bentuk bulat adonan. Celup ke dalam mentega cair, gulingkan ke coklat chip.

6. Susun adonan yang sudah di celup ke dalam loyang . Taruh saja tidak perlu di susun rapi , tapi usahakan supaya seimbang semua sisi nya.

7. Tutup loyang dengan plastik atau serbet, biarkan adonan kembali mengembang selama 1 jam. Oles permukaaan roti dengan susu cair.

8. Panaskan oven 200 derajat. panggan roti selama 10 menit, kemudian turunkan suhunya jadi 170 derajat, panggang roti sampai matang kecoklatan.

9. Keluarkan roti dari oven segera oles permukaan nya dengan mentega.Biarkan roti tetap di loyang selama 10 menit baru lepaskan dengan bantuan pisau. Taburi permukaan dengan bahan taburan. Hidangkan

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...