Kamis, 07 Oktober 2010

Kentang Bakar



Setiap belanja pasar untuk stok isi kulkas, salah satu bahan makanan yang nggak ketinggalan aku beli adalah kentang. Karena kentang ini bisa di olah jadi rupa rupa makanan deh. Bisa jadi lauk atau untuk snack anak anak. Kentang ini biasa ikut serta kalau bikin daging balado atau soto ayam . Sering juga temenan sama wortel jadi isi pastel. Di bikin donat kentang yang lembuuut siapa biasa nolak coba? Pokok nya masih banyaaak banget penganan yang bisa di buat dari kentang.



Nah beberapa hari lalu di milis ada yang posting resep baked potatao. Biasanya sih kalau bikin baked potato ya dari kentang utuh yang di bungkus alumunium foil trus di oven sampai merekah. Baru di siram saus daging di tambah keju yang banyak..
Kalau ini beda cara bikin nya. Kentang di kukus dan di potong kasar,di kasih saus daging, saus keju di tabur smoke beef dan keju slice. Wiiih baru baca resep nya aja udah kebayang pasti anaku sing wedok doyaaaan pasti. kentang bakar ini bikin nya di pyrex atau loyang gitu...mirip lasagna deh.

Tapi aku kali ini ngga pake bahan taburan karean di kulkas ngga ada :P
yang mau bikin monggo ini resep nya

>KENTANG BAKAR
source : milis NCC

6 Kentang di kukus , potong kasar.

Saus Daging:
2 sdm mentega
4 siung bawang putih di cincang
1 bawang bombay di cincang
250g daging giling
1 botol kecil saus tomat
2 tomat segar di cincang
garam merica
oregano daun basil
50 ml air

Saus Keju:
250 ml susu cair
2 sdm mentega
2 sdm terigu
200 gr keju parut
garam merica

Taburan :
3 lemabar smoke beef iris tipis
5 lembar keju slice/ easy melt

Cara membuat:
Saus daging:
tumis bawan gputih dan bombay samapi harum. masukkan daging aduk sampai berubah warna. beri air saus tomat , tomat segar dan bumbu. Masak sampai matang.

Saus keju:
lelehkan mentega masukkan terigu, aduk sampai bergumpal.Tuang susu sedikit sedikt sambil di aduk dengan baloon wisk. Beri keju aduk terus sampai matang dan mengental

Penyelesaian:
Taru kentan yang sudah di potong kasar di dalam pyrex
Tuang saus daging di atas nya. tutup dengan saus keju. Kasih bahan taburan.
Oven selama 25-30 menit.

2 komentar:

Nilam mengatakan...

sukses terus ya mbak....mau kucoba ah daripada bosan makan kentang kukus plain hehehehehehehe... udah aku rating ya.

shita mengatakan...

keren mba blognya kebetulan anakku doyan banget masakan berbau italia. tq resepnya ya n salam kenal :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...