Selasa, 26 April 2011

Ensaymada Bread


Nama nya cakep yah Ensaymada.. roti ini khas Philipina menurut primbon perbakingan. Lah aku belum pernah ke Philipina jeh jadi nggak tau bener ga tuh roti Ensaymada ini asli negara itu. Yang pasti aku udah sering banget bikin roti ini dari aku masih belajar di akademi perhotelan. Iya dulu aku sekolah perhotelan tapi cuma ambil yang satu tahun aja, tapi nggak minat kerja di hotel hihihi aneh ya ? Oh iya resep ini aku dapat dari abangku yang dulu sempat ikut kursus di akademi perhotelan yang beda dari aku.

Roti ini jenis nya lembuuuuut sekali , adonan nya pake kuning telur saja dan wajib pakai butter ya. kalau di ganti margarine rasanya beda menurut aku. Roti ini memang tanpa bahan isian, hanya polos saja dan di bentuk menyerupai konde . Setelah matang di oles mentega cair dan di tabur gula pasir. Tapi rasa nya bikin ketagihan deh. Cocok di bikin kalau di rumah lagi ga punya bahan untuk isian roti tapi pengen makan roti yang cihuy rasanya.

Walaupun udah sering bikin tapi membentuk roti menjadi konde yang cantik ga mudah. Saat adonan mentah bentuk nya persis konde atau seperti obat nyamuk ya melingkar gitu. Nah kalau udah masuk masa fermentasi bentuk nya suka berubah sesuka hati si roti aja tuh. Kadang ada yang jadi konde panjang , ada juga yang kaya rumar siput melingkar mumbul ke atas. Lucu deh bentuk nya..tapi buat aku ga masalah yang penting kan rasanya enak toh. Makanya aku ga pernah jual roti ini , bis bentuk nya ga pasti ntar di demo masa donk * lebay*.

Adonan roti ensaymada memang lembek ya, tapi jangan di tambah tepung nanti jadi keras berotot dia hehehe. Yang harus di perhatikan adalah cara menggulung adonan. Sediakan mentega cair kemudian oles permukaan meja tempat kita mau menggulung adonan. Gunanya supaya adonan tidak akan menempel di meja. Mentega cair ini juga membuat roti jadi tambah lembut dan enak..

Yuk ah silahkan langsung dicoba resep nya



ENSAYMADA BREAD
source : Akademi Perhotelan Trisakti

500 gr tepung terigu segitiga
10 gr ragi instan
100 gr gula pasir
25 gr susu bubuk
80 gr kuning telur __ kira kira 4 kuning telur
250 ml air dingin
7gr garam ___ 1 sdt
100 gr mentega ____ jangan di ganti margarine ya

Mentega cair secukupnya
Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:
1. Campur tepung, ragi, susu bubuk dan gula pasir sampai rata.
Masukkan kuning telur dan air sedikit sedikit, uleni sampai setengah kalis ( adonan tercampur
rata tapi belum halus sekali )
2. Masukkan mentega dan garam, uleni terus sampai adonan menjadi kalis elastis ( adonan bisa
di tipiskan seperti kulit martabak.
3. Bentuk adonan seperti bola taruh di dalam wadah tutup dengan serbet atau plastik. Diamkan
dalam suhu ruang selama 1 jam.
4. Timbang adonan @ 50gr bulatkan , diamkan 15 menit
5. Oles permukaan meja dengan mentega cair sedikit,dengan kedua tangan gerakkan adonan
bulat tadi maju mundur ( adonan menjadi panjang ). Kemudian gulung adonan seperti obat
nyamuk. Selipkan ujung adonan ke bawah , supaya gulungan tidak terbuka..
6. Susun roti di atas loyang yang telah di oles mentega.
7. Diamkan selama 30 menit, oles seluruh permukaan nya dengan susu evaporated / telur yang
telah di kocok lepas.
8. Panggang dalam oven sampai amtang kecoklatan.

Penyelesaian :
Oles roti yang telah matang dengan mentega cair, tabur dengan gula pasir sampai seluruh
permukaan roti tertutup gula.
Susun kembali roti di atas loyang , oven kembali dengan api atas sampai gula sedikit meleleh.
Hidangkan hangat di temani teh tawar, nikmaaaat!

Selamat mencoba :D



2 komentar:

Eva mengatakan...

beberapa kali bikin roti, kok jd nya kaya donat terus...apa yg salah yaaaa?

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

maksudnya kaya donat apa ya ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...