Rabu, 27 April 2011

chocolate Truffle


Siapa ga suka coklat ? kalau hati lagi gundah gulana bisa di redakan dengan coklat kata nya sih begitu. Menurut aku sih tergantung masalah nya juga kali ya heheh.. Tapi emang sih coklat itu enak di nikmati dan setelah makan coklat biasanya ada rasa nyaman yang menyenangkan. Coklat sering di jadikan hadiah saat hari raya , untuk ucapan terima kasih atau bingkisan oleh oleh jika melancong ke luar negri.

Dengan bentuk, corak dan rasa yang menarik coklat biasa di gunakan untuk pernyataan simpati, perhatian bahkan cinta . Saat valentine tiba di tanggal 14 februari setiap tahun toko coklat di serbu pembeli. Berbagai macam rasa coklat di tawarkan. Karena coklat memang cocok di campur dengan berbagai macam kacang, wafer , krim , rempah rempah bahkan ada coklat yang diolah menggunakan bubuk cabe.

Di Yogyakarta ada satu pabrik coklat rumahan yang memproduksi ribuan coklat. Kemasaan yang menarik dan rasa yang berkualitas, membuat coklat monggo ini banyak di kunjungi wisatawan Sayang walaupun menggunakan merk monggo tapi pemilik usaha cokalt ini bukan orang Indonesia tapi seorang pria asal Belgia. Usaha coklat ada di daerah kota Gede, jangan berfikir akan mendapati pabrik yang besar dan penuh peralatan canggih seperti di film charlie chocolate factory ya . Di sini hanya rumah yang di sulap jadi tempat pengolahan coklat yang di batasi dengan kaca tembus pandang sehingga pengunjung bisa melihat secara langsung cara membuat coklat.

Minggu ini anak anak masuk siang karena pagi hari ruangan kelas di pakai untuk SMP yang lagi ujian nasional. Jadi kalau pagi mereka suka bikin minta bikin cemilan sendiri. Nah hari ini aku mau ngajarin mereka bikin truffle, karena lagi males aku ga mau bikin yang lama di dapur heheh.
Dan mereka senang bisa bikin coklat sendiri. Pas coklat nya udah keras di pamerin deh ke nenek nya. karena jadi nya lumayan banyak dan anak ku nggak bisa terlalu banyak makan coklat jadi mereka bawa ke sekolah untuk di bagi ke beberapa teman .

CHOCOLATE TRUFFLE

Bahan :
400 gr Dark coklat cincang halus
400 gr Crispy ball ____bisa juga pake wafer rasa coklat, stoberi atau tiramisu di hancurkan
125 ml Whipped cream
100 gr Kenari di cincang

250 gr Dark coklat___ di tim sampai leleh

Cara Membuat :
1. Panaskan whipped cream dengan api sedang, masukkan potongan coklat, aduk sampai coklat
meleleh dan tercampur rata.

2. Masukkan kenari cincang aduk rata, tunggu adonan agak dingin baru masukkan cripy ball.
3. Ambil satu sendok teh adonan, bulatkan.
4. Celupkan bulatan coklat tadi ke dalam dark coklat yang sudah di tim, angkat dengan bantuan
garpu, taruh di atas kertas roti.
5. Dinginkan coklat dalam freezer selama 3 menit. Sajikan

Note:
Crispy ball = wafer bulat kecil yang di lapis coklat , bisa di beli di toko bahan kue merk Elmer
Selain di celup coklat , truffle jua bisa di gulingkan ke coklat bubuk atau pun cincangan kacang.
Bagian atas truffle bisa di hias dengan coretan coklat putih ataupun taburan sprinkle...bikinan ku polos aja karena tak punya persediaan bahan :D

selamat berkreasi





Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...