Senin, 02 Mei 2011

Cinnamon Roll


Senin pertama di bulan Mei...bertepatan hari ini tgl 2 Mei Pendidikan Nasional udah lama jugaga ngerasain ikut upacara deh. Padahal dulu jama sekolah paling males kan di suruh upacara ..hahah. Untuk ibu bapak guru ku dari TK sampai STP Sahid terima kasih kalian sudah mengisi ruang kosong di kepalaku sehingga aku bisa mengerti banyak hal dengan lebih baik. Semoga kalian selalu sehat, sejahtera dan mendapat di kehidupan dunia dan akhirat , aamin.

Peluk erat untuk semua suhu di NCC yang telah membuat hidup ku penuh warna dan ceria hehehe...karena berbagai kue yang sudah berhasil kutaklukkan. Bener loh semenjak terdaftar jadi warga NCC , kue yang aku bikin jadi lebih bermakna * apa sih ? * . Maksudnya kue bikinan ku sekarang Alhamdulillah selalu laris manis di rumah ,pstt yang di jual juga laris donk. Jasa pendidik itu jangan pernah di sepelekan yaa, tanpa mereka akan jadi apalah kita ?

Supaya tambah semangat pagi tadi aku udah ke Bank bing bung , yuk kita bayar tagihan di awal bulan hehehe. Pulang nya sempet mampir ke sekolah anak anak, udah lama ga menyapa para ibu yang hobby nangkring di sekolah. Tapi ga betah lama lama, mari kita pulang masih banyak tugas menanti di rumah. Heran juga sama beberapa ibu yang betah banget hampir tiap hari cek in di sekolah cuma ngobrol ke sana ke mari. Takut ah ntar ujungnya gosiiiip ga jelas.

Nah dari pada gosip mending kita bikin cinnamon roll, roti ini favorit anakku yang besar. Kaya nya dia nggak pernah bosan minta di bikin roti ini. Dan dia tuh bukan cuma makan satu dua aja loh, tapi bisa habis seloyang ! Duh ini sebenarnya enak banget apa emang kelaparan sih ?. Eh seloyang itu bukan satu hari deng, ya bisa dua hari deh Viani cemal cemil cinnamon roll yang empuk dan lembut. Enak deh kalau bisa bikin roti sendiri , jadi kalau ke mall nggak lapar mata liat roti yang di pajang di bakery yang di antri banyak orang itu tuh.

Hari minggu kemarin kakak ku pada ngumpul di tebet , makanya aku bikin lagi roti ini. Senang deh kalau di rumah rame seru aja kita ngobrol ga putus putus. Dari cerita baru sampai cerita lama semua di ceritain , sampai kadang ibu ku bilang kalian ini kaya ayam betina semua berkotek ga bisa diem . Huahahaa, emang semakin bertambah usia ibuku suka rada galak hihih, padahal dulu ibuku tuh super duper baiiik * sekarang juga sih * . Ibuku ini orang yang paling jarang ngomel ga jelas ( beda banget kan sama aku ? :P). Aku itu anak no 11 dari 11 bersaudara , ada 6 perempuan dan 5 laki laki. Kebayang kan kalau kita ngumpul semua, berikut istri , suami dan anak masing masing . Petok petok... semua berkotek. Kalau rame gini suka inget bapak, nenek sama bang Elvis. Ya Allah berikan lah mereka tempat yang terbaik di surga MU , Aamin.

Roti ini bisa tahan 4 hari kelembuatan nya, tapi ngapain ya makanan enak di biarkan sampai 4 hari ?. Roti itu paling enak di makan hangat begitu keluar dari oven , harum nya waaaa menggoda sekali. Waktu bikin roti ini aku pakai kayumanis kiriman dari Camelia asli dari Jambi. Masih ada sedikit lagi kayumanis nya nanti aku mau coba untuk bikin apple pie ah. Wangi nya terasa banget loh lain dari yang aku biasa beli di toko bahan kue. Ntar kalau udah habis kirimin aku lagi yaaa * ngarep *



Ini resep nya ya

CINNAMON ROLL
source : Primasara

Bahan:
200 gr tepung terigu protein tinggi ( cakra)
300 gr tepung terigu proterin sedang ( segitiga)
200 ml susu cair
100 gr gula pasir
11 gr ragi instan
2 kuning telur + 1 putih telur
100 gr mentega
1/2 sdt garam

Taburan :
40 gr gula palem
40 gr gula pasir
70 gr kacang mete sangrai , cincang
70 gr kismis, rendam air kemudian tiriskan
2 1/2 sdm kayumanis bubuk

Olesan:
telur
mentega

Icing:
175 gr gula halus
2 sdm air panas

Cara Membuat
1. Panaskan susu , garam dan mentega hingga mentega leleh ( tidak perlu sampai mendidih).
Sisihkan sampai tidak panas.

2. Campur terigu dan ragi instan, masukkan telur dan campuran susu. Uleni sampai jadi adonan
yang kalis dan elastis.

3. Bentuk bulat adonan , taruh di wadah tutup dengan plastik dan diamkan 1 jam.

4. Kempiskan adonan yang telah mengembang, uleni sebentar untuk meratakan udara.
Gilas adonan menjadi ukuran 30x40 cm. Olesi seluruh permukaan dengan mentega kemudian
beri bahan tabuaran. Ratakan ke seluruh permukaan roti.

5. Guling dari sisi panjang seperti bolu gulung. Potong potong setebal 2cm. Atur di atas loyang
beri jarak . Tutup dengan plastik diamkan 30-40 menit sampai mengembang.

6. Olesi roti dengan telur, panggang selama 20 menit, angkat oles mentega. Dan hias atas nya
dengan icing.


1 komentar:

ayu mulyasari mengatakan...

Salam kenal mba
Mau tanya,ini jd brp potong roll ya??
Thx

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...