Jumat, 19 Februari 2010

DANISH CHOCOLATE

Dari awal bikin kue aku udah tertarik sama pastry. Asiik sih dari satu adonan dasar bisa di buat banyak jenis, beda bentuk sama isinya udah beda tuh namanya. Intinya sih danish pastry itu terbuat dari adonan dengan ragi dan lemak roll-in yang biasa di sebut korsvet/pastry margarine. Dan biasanya topping dan isi rasanya manis. Cara bikin nya emang butuh kesabaran dan waktu yang lumayan lama, tapi sebanding deh sama rasa enaknya.

Danish pasty itu rasanya lembut dan berlapis lapis, tidak garing renyah karena menggunakan ragi. Nah cara membuat lapisannya itu supaya berhasil merupakan tantangan tersendiri. terus terang aku masih belum bisa membuat lapisan yang sempurna. Tapi tetep nekat bikin terus hahaha...selalu abis juga tuh sama pasukan di rumah.

Yang kali ini aku buat pake resep dari sedap sekejap,ada satu resep lagi yang oke juga dari buku pastry Manfred Lange &BBC...kapan- kapan aku posting juga.

DANISH PASTRY
by : Sedap Sekejap

Bahan:
500 gr terigu cakra
100 gr gula pasir
11 gr ragi instan
1 butir telur
175 ml air dingin
50 gr mentega
1 sdt garam
250gr danish pastry margarin

Bahan isi:
200 gr chocolate stick

note: Coklat stik yang aku pake merk tulip (ada juga merk lain). coklat jenis ini tidak lumer
kalo di panggang ,bentukya tetap utuh,beda dengan cooking coklat. Bisa di beli di toko
bahan kue yang besar.

Cara membuat:

1.aduk terigu,gula,ragi telur tuang air sambil di uleni. Tambahkan mentega dan garam . Uleni
sampai kalis ,tidak perlu elastis seperti membuat roti.

2. Bulatkan ,lalu simpan di lemari es selama 30 menit.
3. Bagi pastry margarine jadi 3 bagian. Gilas adonan persegi panjang,oleskan 2/3 bagian adonan
dengan 1 bagian pastry margarin. Lipat single (lipat 1/3 bagian ke tengah,lipat 1/3 bagian
lagi menumpuk diatasnya. Simpan dalam kulkas 10 menit.

4. Ulangi proses tersebut sampai 3 kali. Terakhir simpan dalam kulkas 30 menit.
5. Gilas adonan ke segala arah hingga tipis, potong panjang adonan dengan pisau yang tajam
jangan di tarik. Supaya lapisan pastry tidak rusak

6. Isi dengan coklat stik,gulung.
7. Oles pastry dengan telur kocok,hanya bagian atas saja..bagian sisi tidak boleh terkena telur
supaya lapisan bisa mengembang,
8.Oven sampai matang dan berwarna kecoklatan.

#isi bisa di ganti sesuai selera

selamat berjuang lipat melipat........

1 komentar:

Fikrisu mengatakan...

nice article, very helpfull & usefull. Ijin copas dan nyoba yach resepnya, abis menarik sekali sich jadi bikin ngiler nich...hehehe. Salam kenal dari INFO MESIN ROTI MURAH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...