Kamis, 02 Desember 2010

Resep Bumbu Dasar




Setiap orang pasti butuh makan tiap hari ...lebih enak kalau kita lapar makanan udah siap di meja makan , iya nggak? Tapi kalau nggak punya assiten tetap kaya aku masak sendiri wajib hukum nya. Karena dari aku kecil sudah terbiasa menyantap apa pun yang ibu ku masak untuk kita sekeluarga. Jadi buat aku masakan rumah itu enaaak , walaupun nggak nolak kalau di ajak wisata kuliner .

Aku cenderung penyantap segala jenis makanan *ga heran badan gw mekaaar kaya krupuk * . Yang pasti aku nggak suka dengan jeroan ayam atau pun sapi. Nah kalau suami ku makanan itu harus panas dan kalau bisa baru di angkat dari kompor. Karena dia tuh pencinta chinese food. Ampun deh...tapi untung nya dia bisa masak sendiri. Kalau nggak alamat ngendon di dapur mulu donk hehehe. Jadi sebagai istri yagn sayang suami aku selalu siapin aneka sayuran dan daging dagingan (ayam , udang , bakso) yang udah di potong , juga bumbu untuk tumisan nya. semua aku taruh di wadah kedap udara. Begitu dia lapar dan aku masih sibuk wara wiri atau memang udah ada masakan tapi dia nggak selera, suami ku langsung oseng oseng aja bikin cah kesukaan dia. Enak kan nggak repot

Btw ini intro udah kepanjangan... Aku mau berbagi bumbu rahasia , dapetnya tuh dari Rudy Choirudin . Udah lama banget dan jadi andalan supaya nggak males masak. Jadi dulu pernah dapet trik nya Rudy supaya masak gampang dan cepat di koran kompas. Wah semenjak itu aku jadi nggak repot lagi deh dalam nyiapin bumbu.
Aku sih cocok dengan rasa bumbu ini, tapi kalau mau bisa di modifikasi sesuai selera deh.

BUMBU DASAR MERAH
* untuk nasi goreng, sambal goreng , atau balado

Bahan:
400 gr cabe merah
100 gr bawang merah
50 gr bawang putih
100 gr tomat
20 gr terasi
100 gr gula
15 gr garam
100ml minyak untuk memblender
100ml minyak untuk menumis

BUMBU DASAR PUTIH
*untuk rawon , mie goreng, atau tumisan

Bahan:
500 gr bawang merah
200 gr bawang putih
50 gr kemiri
6 cm lengkuas di iris halus
4 sdt garam
4 sdt gula
150ml minyak untuk memblender
100 ml minyak untu menumis

BUMBU DASAR KUNING
*untuk opor, soto , pesmol, ayam goreng dll

Bahan:
500 gr bawang merah
150 gr bawang putih
100 gr kemiri
75 gr kunyit
50 gr jahe
50 gr lengkuas
1 sdm merica bubuk
3 sdt garam
2 sdt gula
150 ml minyak untu memblender
50 ml minyak untuk menumis

BUMBU DASAR ORANYE
*untuk kari , gulai dll

Bahan:
500 gr bawang merah
150 gr bawang putih
300 gr cabe merah
100 gr kemiri
75 gr kunyit
50 gr jahe
50 gr lengkuas
2 sdt merica bubuk
3,5 sdt garam
2 sdt gula
1 sdt adas manis
1 sdt jinten
2,5 sdt ketumbar
150 ml minyak untuk memblender
50ml minyak untuk menumis

CARA MEMBUAT
Potong semua bahan menjadi ukuran kecil beri minyak , kemudian haluskan dengan blender kecuali gula dan minyak untuk menumis ya.

Setelah semua bahan halus, Panas kan minyak di dalam wajan, masukkan bumbu halus tumis sampai matang, baru masukkan gula.

Dinginkan bumbu, kemas dalam wadah kedap udara. Bisa di simpan di kulkas tahan 2 bulan
Tapi biasa nya aku tahan 1 bulan aja , kan tiap hari di pakai masak .

Jika mau di pakai ambil bumbu secukup nya tumis sebentar dengan sedikit minyak.





Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...