Rabu, 01 Desember 2010

Makan Barapak



Hari ini ga baking apa apa, cuma masak tumis kerang , urap sama tempe goreng tepung. Rencana sih mau ke markas matraman buat beli buku terbaru yang baru . Tapi nih ojekers setia masih sibuk wara wiri anter barang jadi sembari nunggu mending ngisi blog aja deh

Kali ini aku pengen cerita soal tradisi yang ada di keluarga aku, biasa kita lakukan kalau mau bulan puasa. Karena biasa nya semua ngumpul di rumah ibuku di tebet untuk saling memaafkan sebelum kita sama sama menjalankan ibadah di bulan suci. Istilah nya tuh makan barapak atau makan berjejer. Jadi kita tuh siapin daun pisang yang lebar dan panjang, bisa juga ngambil sama pelepah nya sekalian . Nah ruang tamu sampai ruang makan perabotan nya di pinggirin dulu supaya jadi satu saf yang panjang , maklum kita makan ber 35-50 orang. Banyak ya? aku itu anak paling kecil dari 11 bersaudara yang semua nya udah menikah dan punya anak. Kebayang kan rame dan hirukl pikuk nya.

Sayang nya bapak ku sudah almarhum tahun 2005, dan abangku paling tua bang Elvis juga sudah ngga ada di tahun 2009 kemarin. Salah satu ipar ku pun sudah menghadap Allah bulan januari 2010 lalu. Jadi saat kita makan barapak bulan agustus lalu pasukan kita sudah tidak komplit lagi.

Selain makan barapak yang wajib sebelum puasa, kita juga suka bikin kaya gini kalau kakak ku datang dari Bali atau suami ku yang kebetulan kerja di luar negri pulang ke Jakarta. Atau kalau kita kangen ngumpul sambil makan enak siapa aja boleh teriak ..KITA MAKAN DI DAUN YUUUK.

Pasti langsung di sambut gembira. Minimal setahun 2 kali deh kita wajib makan barapak. Menu wajib yang harus hadir tuh jengkol bisa di balado , gulai atau jadi joriang batoko.' Gini cara bikin nya. Pilih jengkol yang tua trus di goreng matang, di ketok deh pake ulekan yang sampai pipih. Sementara itu bikin deh cabe merah dan bawang merah , bisa di tambah ikan teri yang sudah di goreng di ulek deh jadi satu kasih garam jangan lupa. trus disiram pake minyak kelapa kalau kita bilang nya minyak batanak yang banyak. Nah cara makan nya jengkol yang udah pipih itu di colekin ke sambelnya. Aku sih ngga doyan tapi bisa lah kalau di suruh bikin.

Nah selain jengkol lauk bersantan dan pedas juga hadir , macam nya tergantung permintaan. Yang pasti menunya komplit deh. Untuk kali ini kita masak daging gulai , ikan pesmol, ayam bakar bumbu rujak , urap dan bakwan jagung. Gak lupa krupuk berbagai jenis. kita itu di rumah hantu kerupuk , jadi ada krupuk udang, krupuk singkong balado, sama kerupuk jangek / krupuk kulit yang di bumbui serundeng.



Kalau dulu ibu ku bikin krupuk jangek bumbu serundeng sendiri, sekarang sih aku beli aja di stekpi tuh kalau hari minggu ada pasar kaget gitu jual segala macem. Nah ada orang padang yang jual tuh aneka krupuk . Males bener mau belajar bikin nya ..Duh ga melestarikan budaya nenek moyang nih gw.

Jadi untuk memulai bikin alas makan barapak , gini cara nya: pertama ubinnya kita alasin dulu pake koran, trus bentangin deh tuh daun pisang yang udah bersih. Mulai kita tata nasi dan lauk pauk nya. Pertama nasi di deret panjang, baru lauk nya di taruh di atas nasi semua lauk di taruh deh, Kecuali pojok anak kecil si jengkol ngga termasuk tuh . Kacau kalau mereka sampai makan heheh. Anak aku yang udah kelas 6 sd pernah nyobain dia bilang sih enak huaaa gawat. Aku larang lah ntar aja kalau udah gede gapapa.



Ini foto keponakan aku, tapi belum komplit nih masih ada yang belum datang. Dan ada anggota baru juga karena keponakan aku paling besar udah nikah jadi suami nya tahun ini bergabung dengan kita. Sebenar nya makan barapak ini suka di susupi pendatang. maksudnya teman salah satu anggota keluarga tuh suka kepingin ikutan hehe jadi kalau ada yang tau kita mau bikin makan barapak sahabat kita yang biasa nya udah jadi sahabat keluarga juga ikutan deh . Mereka bilang sih seru banget.

Yang membedakan makan barapak sekarang dengan waktu kita masih gadis itu cuma 2 : anggota pasukan yang tambah ramai serta badan yang udah mulai melebar semua . Jadi rada sempit bow duduk nya , tapi ngga menghalangi nafsu makan kita sih. Yang lagi diet biasa nya
suka lupa diri sebelum jatah makan nya habis ga ada yang bangun dari tempat duduk nasing masing .Abang ku Adi biasa jadi tim sapu bersih , dia selalu jadi yang terakhir selesai . Dalam artian kalau lauk nya masih ada pantang buat dia bangun hohoho...

Sangat menyenangkan bisa makan bersama dengan lauk favorit yang sesuai dengan selera , sembari ngobrol dan bercanda. Karena kesibukan kita masing masing, ngumpul bersama selain di hari lebaran jadi moment yang indah untuk kita kenang dan kita tularkan ke anak anak kita. Silaturahmi itu salah satu ajaran agama kan ?

Tapi di saat seperti ini selalu ada rasa sepi dan sedih yang menyelusup di hati, ingat akan orang tersayang yang sudah tiada. Al Fatihah untuk mereka semua ya..nenek ,ongku ,bapak , dan abangku.

Sebenar nya masih ada lagi tuh foto yang mau aku share tapi blogspot lagi error deh...suka ilang sendiri tuh foto nya , nanti deh kalau udah normal aku sambung lagi
tungguin yaaaaa





Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...