Sabtu, 23 April 2011

Kue Mangkok Genit


Happy long weekand .... buat saya everyday is holiday jadi nggak jingkrak jingkrak liat kalender merah * pengangguran sejati *. Jumat kemarin libur paskah, selamat merayakan untuk teman teman umat kristiani . Dan hari kamis lalu murid kelas 6 SD baru selesai ujian sekolah , jadi long weekand ini pasti nya banyak deh yang liburan keluar kota atau luar negara mungkin ?. Yang pasti lihat berita jalan menuju puncak , Bandung dan sekitar nya macet total. Buat aku yang hubby nya lagi bekerja penuh semangat :D cukup liburan muter muter ngukur Jakarta aja sama anak anak .

2 Minggu lalu aku di panggil ke Matraman sama Bu guru Fatmah Bahalwan , katanya sih mau ada syuting tv MNC jadi buat tim hura hura gitu deh . Kebetulan kursus hari itu materi nya kue kering klasik , jadi aku sekalian di minta bantuin bu guru. Kursus kue kering klasik punya banyak peminat, karena setiap hari raya bisa di pastikan kita bikin kue kering untuk para tamu kan ? . Nah di kursus ini di ajarin tips dan trik supaya kue kering kita enak, bagus dan layak untuk di jual loh, ayo yang pengen ikutan bisa lihat jadwal nya NCC

Waktu jam makan siang , aku ngobrol sama peserta kursus yang kebetulan banyak dari mereka yang baru sekali ikut kursus di NCC Matraman. Wah di jamin ntar pada ketagihan kaya aku hahah. Trus ada yang tanya aku ikut kursus apa pertama kali di NCC ? Masih ingat banget waktu itu bulan Desember tahun 2008 aku datang pertama kali ke Matraman untuk ikut kursus aneka jajan pasar. Materi nya ada 4 bika ambon, carabikang, kue lumpur dan kue mangkok.

Itu saat pertama kali aku ketemu bu Fat dan kenalan sama Riana Ambarsari dan Nadrah Shahab .Langsung ngerasa betah karena mereka ramah banget dan ngobrol seru berasa udah kenal lama sekali . Kursus nya cuma sedikit peserta yang ikut cuma 7 orang kalau nggak salah. Memang menurut bu Fat kursus jajan pasar ini kurang di minati karena proses bikin nya yang memakan waktu dan faktor kegagalan nya juga tinggi. Coba deh sekali kali dateng kalau di NCC lagi kursus cake international di jamin peserta nya padat merayap, pernah mencapai 30 orang satu kali kursus. Wah rameeee sekali .

Aku jadi ingat deh dari 4 materi kursus jajan pasar itu baru resep kue lumpur yang aku coba bikin di rumah. Hasil nya mantaps lah seperti resep NCC yang lain, takaran nya pas. Nah 3 resep yang lain ? masih duduk manis di rak buku aku, menunggu yang punya nggak banyak alasan untuk nyoba bikin qiqiiq. Jadi malu deh dan berniat untuk bikin salah satu dari ke 3 resep itu, dan pilihan jatuh pada kue mangkok, kenapa ? Karena aku masih punya sisa tape singkong , habis bikin pesanan cake tape keju . Marilah kita taklukkan kue mangkok ini...

Cara bikin nya emang agak ribet proses nya. Ada 3 bagian adonan bahan yang masing masing di aduk tersendiri baru kemudian di jadikan satu , dan di aduk sampai rata. Adonan juga perlu di saring terlebih dulu agar di dapat adonan yang halus. Kue mangkok ini sama hal nya seperti membuat bolu kukus, cara mengukus nya wajib dengan uap yang banyak. Tapi cetakan nya jangan di oles minyak ya , hanya sebelum adonan di tuang cetakan harus di panaskan dalam kukusan terlebih dahulu.

Membuat kue tradisional itu gampang gampang susah , yang penting selalu ikuti petunjuk dalam resep dengan seksama supaya hasil yang di dapat memuaskan. Yuk di baca seksama resep ini sebelum mulai membuat ya..selamat nge jajan pasar :D


KUE MANGKOK MEKAR
Sumber: Kursus Jajan Pasar NCC

Bahan:
125 gr tape singkong
175 gr gula pasir
100 gr tepung terigu
150 gr air
75 gr gula pasir
200 gr tepung beras
200 ml air dingin
150 ml air soda
1 sdt baking powder
pewarna makanan secukup nya

Cara membuatnya:

1. Campur tape dan 175gr gula pasir, aduk rata sampai halus.sisihkan
2. Campur tepung beras dan air dingin, uleni sebentar, sisihkan.
3. Masak air dan 75gr gula pasir hingga mendidih dan gula larut, tuang sedikit demi sedikit kedalam tepung terigu sambil diaduk hingga rata.

4. Campur adonan tape dengan adonan tepung beras, uleni hingga licin, lalu campur adonan ini dengan adonan tepung terigu, uleni terus hingga rata.

5. Masukkan baking powder, aduk rata, lalu tuangi air soda sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan encer. Saring.

6. Bagi menjadi 2 bagian, masing-masing beri pewarna.
7. Panaskan cetakan kue mangkok dalam kukusan beruap banyak, tuangi cetakan dengan adonan. Kukus 20 menit. Angkat.

Tips:
Untuk Kue Mangkok Gula Jawa, ganti 175gr gula pasir dengan Gula Palem.

Warna kue mangkok yang aku bikin nggak lazim ya, soal nya bosen aja lihat warna makanan kebanyakan hijau merah kuning udah kaya traficc light aja..
Nah kali ini aku bikin warna pink , ungu dan biru jadi lah kue mangkok yang cantik dan genit ..

selamat mencoba ...




3 komentar:

Zheridan Reginald mengatakan...

Mbak air dan gula yg didihkan langsung tuang atau dibiarkan dingin dulu? Mhn arahan Terima kasih.

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

Tuang langsung saat mendidih,aduk dengan sendok kayu ...

Met nyoba ya

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

Tuang langsung saat mendidih,aduk dengan sendok kayu ...

Met nyoba ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...