Senin, 25 April 2011

Zuppa Soup


Senin terakhir di bulan april , udah 4 bulan berlalu di tahun 2011. Hari ini murid SMP bertarung untuk mendapatkan nilai terbaik dalam Ujian Nasional, semoga kalian semua berhasil lulus ya. Sedih rasanya kalau mendengar ada murid yang tidak lulus. Untuk berhasil semakin sulit di negara ini, murid di tuntut pintar dan punya materi yang lebih untuk dapat masuk sekolah favorit. Kalau yang tak pintar dan tak punya dana ? silahkan minggir!! Kebetulan anak ku sebentar lagi akan lulus SD, dan sempat melongo melihat uang masuk SMP favorit di Jakarta 15 jt dengan uang sekolah perbulan Rp 650rb. Untuk bisa masuk juga nggak mudah loh nilai minimal di terima 9 dan juga ada serangkaian tes masuk lain nya. Ini yang aku bicarakan sekolah negri ya bukan sekolah swasta.

Ah koq aku jadi ngelantur , balik lagi deh ke menu enak yang aku mau posting hari ini deh. Biar semua semangat menghadapi hari ini. Kadang aku suka mati gaya masak menu untuk anak anak , apalagi hari minggu buku resep di obrak abrik lihat menu yang menarik untuk di coba. Tapi hari minggu kemarin suasana hati aku sedang tak bersahabat . Kaya nya sih karena kangen sama papa nya anak anak * ceileeeee... sabar bulan september kita bersama lagi ya cinta :P *

Sup ini lumayan sering aku bikin untuk anak anak. Bikin nya cepat dan bahan nya mudah, kalau anak anak suka lapar di saat meja makan sudah kosong aku bisa beraksi bikin sup ini untuk mereka. Zuppa Soup beberapa tahun belakangan jadi menu favorit di beberapa resto, dulu sebelum ngerti cara bikin nya juga aku suka beli untuk anak anak. Sekarang ? bikin sendiri doooonk.

Sup ini bisa di buat dengan tambahan puff pastry atau pun tanpa puff pastry . Jika tanpa puff pastry sebagai penutup sup nama nya jadi cream sup saja ya. Banyak puff pastry siap pakai yang di jual dalam kemasan di toko bahan kue atau pun supermaket besar. Aku biasa pakai merk Edo atau Stella dua merk ini buatan lokal. Ada juga puff pastry import tentu harga lebih mahal , untuk masalah rasa aku kurang paham karena belum pernah pakai. Menurut aku merk Edo ini lebih mekar dan berlapis di bandingkan merk Stella. Aku bukan sales produk yaaa...hanya pemakai produk nya saja loh !

Monggo di intip resepnya.



ZUPPA SOUP
source : kursus NCC


Bahan:
Puff Pastry siap beli, potong kotak, sesuai ukuran mangkuk.

Sup Ayam Jamur

Bahan:
100gr jamur kaleng, cincang_____ aku ganti dengan jagung manis / smoke beef
150 gr dada ayam rebus, potong dadu
50 gr bawang bombay, cincang
1,5 lt kaldu ayam
250 ml susu evaporated
50 gr tepung terigu
100 gr mentega
½ sdt merica bubuk
2 sdt garam
1 sdt chicken powder/ royco

Cara membuatnya:
1. Didihkan air sesuai resep, masukkan dada ayam rebus sampai matang, pisahkan daging ayam dari kaldu nya, potong dadu kecil.

2. Lelehkan mentega , tumis bawang bombay sampai harum . masukkan terigu aduk terus hingga terigu matang. Masukkan susu evaporated aduk cepat sampai rata , hati hati supaya terigu tidak bergumpal.

3. Tuang campuran susu tadi ke dalam panci berisi kaldu ayam, masukkan garam merica,royco aduk sampai tercampur rata .

4. Masukkan daging ayam yang telah di potong potong dan jamur ( aku pakai jagung dan smoke beef). Biarkan sampai mendidih dan sup kental.


Penyelesaian :

* Siapkan mangkuk keramik tahan panas.
* Isi dengan sup 3/4 mangkuk saja.
* Tutup dengan puff pastry yang telah di potong kotak , tekan sedikit ke bagian pinggir mangkuk.
*Oles permukaan puff pastry dengan telur yang di kocok lepas.
*Panggang dalam oven yang panas sampai puff pstry mekar dan berwarna kecoklatan.
* Hidangkan panas.

1 komentar:

Nanik mengatakan...

wahh, serbetnya samaan ama punya saya...hehe.beli di ace h*rdware ya mbak? wkwkwkwk. btw, nic blog...ijin ngubek2 ya mbak

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...