Rabu, 10 November 2010

Bakpao Coklat




Bakpao itu masih sodaraan sama roti, jajanan yang cukup buat ganjel perut kalau lapar di tengah jalan. Biasa di jual pake gerobak sepeda, tempat mangkal favorit tukang bakpao kaya nya di depan rumah sakit . Lazim nya sih di isi daging ayam atau kumbu kacang hijau.. Bakpao juga termasuk diantara menu dim sum, tapi di buat dalam ukuran sekali suap. Isi bisa bervariasi dari kumbu aneka kacang kacangan , sayuran. Ada juga di isi daging non halal..

Yang aku buat ini di isi coklat, pertama mau bikin bakpao sih niat nya mau di isi pake ayam cincang masak saus tiram. Tapiii udah tau kan kalau anak ku yang cowo itu selera nya susah dan monoton.Jadi lah emak nya kali ini ngalah deh . Nanti lain waktu aku coba bikin pake isi daging ayam dan kumbu kacang hijau.

Resep ini aku dapat waktu ikut kursus ncc di matraman, roti uyil dan bakpao materi kursusnya. Hasil nya lembut dan enak , cuma waktu praktek adonan agak kelembekan . karena waktu masukkin air ke adonan sekaligus, yang benar jumlah air di sisakan dulu sedikit dari jumlah resep. Kalau kurang baru di tambah lagi.



BAKPAO
source:kursus ncc

Bahan A:
400 gr tepung terigu protein rendah
100 gr tepung Tang Mien
11 gr ragi instan
25 gr susu bubuk
100 gr gula halus
5 gr Baking Powder

Bahan B:
275 cc air dingin

Bahan C :
70 gr mentega putih
5 gr garam halus


Cara membuat:

  1. Campur bahan A, aduk rata. Tuangi Bahan B, uleni hingga bergumpal-gumpal. Beri bahan C, uleni terus hingga kalis elastis.
  2. Timbang adonan 30gr, bulatkan hingga licin. Istirahatkan selama 30 menit.
  3. Tipiskan adonan, beri bahan isi, bulatkan atau bentuk sesuai selera. Istirahatkan lagi selama lk. 20 menit hingga mengembang ringan.
  4. Kukus Bakpaow 20 menit hingga matang.
Ini foto waktu bakapo belum di kukus, setelah matang ga ada foto nya. Maaf ya, karena langsung di serbu krucil yang kelaparan jadi ga sempat di pisahin untuk di foto deh.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...