Senin, 08 November 2010

Choc Chips Cookies




Hari minggu kemarin , ga ada acara jalan ngukur jakarta. Rumah tebet pun sepi dari kunjungan para krucil yang biasa nya bisa membuat hari lebih berwarna. Maksud nya lebih banyak tertawa, berantem dan marah hehehe. Jadi aku pagi pagi udah utak atik net aja deh, liat liat foto cek ricek imel..sampai akhirnya ngiler pengen bikin cookies karena liat blog nya Lia. Kalau untuk stok cookies stok bahan kue alhamdulillah selalu siap sedia , jadi deh kita hari minggu uplek uplek di dapur aja yuk

Coklat chips cookies tuh banyak banget macem resep nya, dan enak juga di modifikasi sesuai selera . Yang aku buat ini pake resep coklat chip by nestle tollhouse, rasa nya mirip mirip good time deh. Tapi buat aku resep asli nya terlalu manis , jadi kali ini gula nya aku kurangi. Tapi kalau untuk yang suka manis , bikin aja sesuai resep asli . Yang aku tulis di sini resep sudah aku utak atik ya, di sesuaikan dengan yagn ada di dapur aku. Kalau mau yang asli bisa liat di sini atau di sini




CHOCOLATE CHIPS NESTLE TOLLHOUSE COOKIES
by Nestle
modifikasi by me

Bahan:
1/2 cup gula pasir
1/2cup gula palem
1 cup mentega (225 gr mentega)
2 telur
2 1/4 cup terigu kunci
1 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1 sdt vanila pasta
2 cup coklat chip mini
1 cup almond sangrai

Cara Membuat:
Campur terigu , garam, sodakue dan baking powder.
Taruh mentega dan 2 macam gula dalam mangkuk, kocok sampai gula agak larut.
jangan terlalu lama ya nanti cookies nya bisa meleber.
Masukkin telur , kocok sebentar aja sampai rata. Sedikit sedikit masuk campuran tepung sambil di aayk, aduk pake spatula.
Terakhir baru deh coklat chip sama almond nya masuk, aduk sebentar aja.

Loyang kue kering alasi dengan baking papper supaya cookies gampang di angkat dari loyang. Atau bisa juga di oles dengan mentega.
Adonan di cetak dengan 2 buat sendok ya, atau bisa juga pake ice cream spoon ukuran kecil.

Waktu pemanggangan janganterlalu lama karena kue bisa jadi keras, kalau pinggiran kue sudah kering dan warna kecoklatan keluarkan loyang dari oven , diamkan sampai kue dingin . Biasanya walau pun tengah kue masih agak lembek waktu panas itu sudah matang . Karena saat kue dingin cookies akan garing.

Jika di lihat dari foto nya cookies bikinan aku ini warna nya rada gelap. Karena aku pake gula palem yang warna nya tua. Lain kali aku akan pakai gula palem yg warna nya terang, supaya cookies warna nya lebih cantik. Di resep asli di gunakan brown sugar, berhubung harga nya tidak bersahabat jadi aku ganti dengan gula palem.

Nanti kalo udah nyoba kabar kabari ya kita bisa menikmati kukis bareng sambil ngupi loh :D

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...