Selasa, 16 November 2010

Roti Bluder


Sukaaa sekali sama roti, nggak tau kenapa aku tuh jatuh cinta sama yang nama nya roti. Kaya nya kalau liat roti yang empuk ,dengan warna kulit yang coklat mengkilat duh gemes haha lebay ya gw. Kebetulan di depan rumah tebet ada bakery yang udah ada dari aku kecil , Bapak suka beli kue untuk sarapan di situ . Favorit bapak arem arem nya yang masih enak sampai sekarang loh, dan roti coklat. Aku suka ikut cuma ingin liat roti roti yang berjejer rapi di etalase mereka. Bentuk roti nya sih biasa aja bulat ,lonjong atau kepang. Belum beraneka ragam kaya sekarang. Tapi wangi roti yang baru matang itu duh itu yang bikin gw kesemsem.

Nah waktu lulus smp dan ambil sekolah perhotelan salah satu alasan nya karena pengen bisa bikin roti kaya di bakery . Nah kebetulan anak ku yang cowo suka makan roti , jadi emak nya ini semangat deh nyoba berbagai resep..

Sebenar nya bikin roti itu mudah asal tau cara nya. Yang paling penting uleni roti sampai kalis elastis, tanda nya adonan bisa di tarik tipis seperti kulit martabak. Kalau kurang kalis di jamin roti tidak empuk. Aku sih tinggal masukin aja adonan ke bang bosch trus dia deh yang nguleni hehe. Tapi untuk yang ngga punya mikser roti bisa juga koq di uleni pakai tangan. Gerakan nya kaya orang nyuci baju.. ayo siapkan tenaga kalau niat bikin roti.

Roti bluder ini aku bikin pake resep dari sedap. Tekstur roti ini lembut, susu nya terasa juga harum butter. Untuk lebih ekonomis bisa di ganti margarine.




Roti Bluder
Resep: 52Resep Kue Populer Sedap

Bahan:
400gram Tepung Terigu Protein Tinggi
100gram Tepung Terigu Protein Sedang
1bungkus Ragi Instant (11gram)
75gram Susu Bubuk Full Cream
150gram gula pasir #aku pakai 120gr saja
4butir kuning Telur
2butir putih Telur
25ml susu evaporated
175ml air es # aku pakai 125ml saja
100gram mentega
1sdt garam

Isian & Taburan:
Meises
Keju Parut
Susu evaporated untuk olesan

Cara Membuat:
1. Campur jadi satu bahan kering (tepung, ragi, susu bubuk & gula) di dalam wadah, campur sampai rata (bisa dengan mixer kecepatan paling rendah)

2. Masukkan telur, susu dan air sedikit-demi sedikit sambil terus di uleni # aku pake mikser roti

3. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis & tidak robek kalo adonan dibentangkan seperti kulit martabak

4. Bulatkan & diamkan sampai mengembang selama 30 menit

5. Kempiskan adonan untuk membuat gas nya - timbang masing 50gram - bulatkan - istirahatkan 10 menit

6. Gilas adonan kemudian isi dengan bahan isian, tutup rapat dan bulatkan kembali, taruh dalam cetakan muffin yang diolesi mentega atau dialasi papercup. Istirahatkan kembali selama 75 menit.

7. Olesi roti dengan susu evaporated dan taburi keju untuk yang isi keju dan meises untuk yang isi meises. Oven dengan suhu 190C selama 15 menit.

8. Roti yang baru matang langsung di oles mentega supaya permukaan roti mengkilat dan lembut .....

9. Siap di santap di temani kopi atau teh


Satu resep ini jadi 25 buah roti dan habis dalam sekejap , rumah tebet yang selalu rame membuat apa pu yang aku bikin selalu ada yang siap menyantap ,....apa lagi roti lembut panas yang baru keluar dari dapur kue, siapa bisa menolak..


3 komentar:

Anonim mengatakan...

mbaq,kmrn aq cb bikin tp koq g ngembang y?itu kira2 knp mbak?

Anonim mengatakan...

Sore mbak. Numpang tanya nih.. Barusan ini kan aku coba bikin bluder pake resep ini kan. Tapi waktu saya uleni hasilnya tidak bisa kalis, malah agak basah, padahal semua takarannya sudah benar. Lalu akhirnya saya kasi tepung lagi, tapi jadinya tetap seperti itu. Saya sudah uleni kira2 15mntan tapi tetap tidak bisa kalis. Akhirnya saya diamkan saja, tapi setelah 15 menit adonannya tidak bisa ngembang.
Mungkin mbak tau kenapa bisa begitu. Makasih mbak :)

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

Hai .. adonan roti yang tidak mengembang biasanya karena ragi yang di pakai sudah tidak bagus.

menguleni dengan tangan butuh waktu 15_ 30 menit , gerakan tangan seperti orang sedang mencuci baju.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...