Sabtu, 20 November 2010

Bangket Jahe

Di milis lagi ada acara bangket week gong nya sih udah di pukul dari tgl 20 oktober lalu, walaupun judul nya week tapi acara nya berlangsung 1 bulan. Awal nya sih udah kebayang tuh mau bikin macem macem rasa...tapi penyakit malas menghantui hahah. Sampe ahirnya ga terasa udah tgl 18 aja , trus baca status mom elly bangket week tinggal 2 hari lagi. Jiaaaaa aku belum bikin satu pun , Jadi lah besok pagi nya di mulai dengan niat dan semangat ku coba bikin bangket jahe resep dari Teh Daniar yang udah bikin Riana ambarsari histeris . Berarti ini kue layak banget di coba donk...

Anak anak berangkat sekolah aku uplek di dapur kue kebetulan juga ada pesanan neiman cookies dari teman SD aku..so sekalian deh kita kerjakan. Adonan bangket ini sama aja cara bikin nya seperti kue kering biasa. Aku ngikutin resep asli dan ikutin juga modifikasi dari mba riana.

Begitu adonan selesai aku cetak dan masuk ke oven. Pas anak anak pulang sekolah, karean ini hari jumat jdi mereka jam 11 udah nyampe rumah. Begitu masuk rumah Viani langsung tanya mamaaa bikin kue apa, wangi sekali deh. lagi bikin bangket jahe. Haaah ...jahe ih ga doyan , tapi koq baunya enak ya ? Nah lo mama juga baru sekali ini nyoba, belum tau rasa nya kakak. Emang dapur penuh aroma spekuk , jahe dan kayumanis kaya dapur oma oma gitu deh.

Mungkin karena penasaran Viani buka oven trus dia ngambil adonan yang baru setengah mateng gitu. Dia masukin mulut aku cuma bengong aja ..walah kakak itu masih mentah deh. Gak apa apa ma , aku udah ga sabar dia bilang...Trus teriak Ih kue nya ENAAAAAAK .

Hahahaa....ternyata ini kue emang bikin orang panik ya.
Aku jadi ikut nyomot deh tuh adonan , bener belum mateng aja rasanya enak. Duh nyesel deh cuma bikin setengah resep aja. Rasa nya tuh manis, gurih berempah judule doyan lah . Kayanya bisa masuk list jualan juga nih.

Buat yang penasaran cobain deh bikin




BANGKET JAHE
source : Daniar milis ncc

Bahan:
300gr mentega/ margarine
200gr gula palem
200gr gula halus
2kuning + 1 putih telur
500gr sagu tani _aku di sangrai
50gr susu bubuk
100gr tepung terigu
50gr maizena
50gr kelapa parut sangrai _aku nggak pakai
75gr jahe parut_ aku pake 100gr di parut peras ampas di buang.
3sdt bumbu spekuk
wijen untuk taburan _aku nggak pakai

aku di tambah:
1sdt baking powder
1/2sdt soda kue
2sdt kayumanis bubuk
(ngikutin ajaran bu guru Riana)

Cara membuat:
Campur tepung sagu, terigu,maizena dan susu bubuk dalam satu wadah, beri bumbu spekuk dan kayumanis, aduk rata. sisihkan

Kocok mentega , gula palem dan gula halus.
Masukkan telur, baking powder dan baking soda dan air jahe, mikser lagi sampai rata.

Masukkan campuran tepung ke dalam adonan mentega sambil di ayak , aduk dengan spatula
sampai semua tercampur rata.

Siapkan dua lembar plastk.
Taruh adonan kue di tengah , gilas setebal 5 mm.
Cetak kue sesuai selera, kerjakan sampai adonan habis.
Susun kue dalam loyang , oven dengan suhu 150 derajat sampai matang.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

wahh.. kayakynya enak nih.. jd pengen bikin.. hehhe..
kukisnya itu dipanggangny brp lama?
makasih :)

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

di oven dengan api kecil sampai matang kira kira 45 menit.

Anonim mengatakan...

mbak..itu maksudny tepung disangrai itu gmn??kaya sangrai kacang ta?? trus disangrainya berapa lama?? makasih mbak.. maaf y.. saya masih baru belajar trus liat resepnya mbak jd tertarik bikin.. hehe :)

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

tepung sagu tani taruh di wajan kemudian di aduk terus sampai tepung terasa ringan, dengan api kecil saja ya.. kurang lebih 10 menit

Anonim mengatakan...

mbak. kemaren aku udh coba bikin kukisnya.. ternyata beneran enakkkk :D
keluargaku suka sekali samapi2 aku disuruh bikin lagi.. hahaha
makasih banyak y mbak untuk resepnya :)
trus ad 1 hal yg mau aku tanyakan.. itu jahenya memang ga terasa ya?? soalnya punyaku cuma kerasa kayu manisnya aj.. makasih lagi mbak :)

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

senang sekali ya kalau keluarga suka dengan kue yang kita buat ..
jahe memang tidak terlalu terasa , kalau mau bisa di tambah jahe bubuk 1sdt , ...

Anonim mengatakan...

dear mba arni, aq dah nyoba bikin resepnya rasanya emang enak, tp kok hasilnya agak keras y? gak langsung lumer di mulut :( kira2 salahnya dimana ya mba? mohon tipsnya :)
sukses slalu y mba :)

anna Andayani mengatakan...

mbak kalau gak dikasih bumbu spekook bagaimana?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...