Kamis, 08 Maret 2012

Biji Salak


Biji salak itu penganan yang sudah ada dari jaman nenek moyang nih, apalagi kalau bulan puasa wih paling nggak seminggu sekali ini kolak hadir di meja makan. Ada yang bilang kolak biji salak ada juga yang nyebutnya bubur biji salak. Mana yang bener ? mbuh deh yang pasti kolak ini bukan terbuat dari biji nya salak yang keras itu loh qiqiqi.

Seperti umum nya kolak rasa nya manis, ya kalau asin+ asem nama nya asinan toh ? Aku tuh orang yang paling jarang bikin kolak mengolak begini alasan nya karena rasa yang menurut aku monoton , mau isi nya ubi, pisang, singkong , tape semua kuah kolak rasa nya sama manis bersantan. Tapi berhubung ibu ku selera jaman dulu * sok anak jaman sekarang nih aku * beliau doyan banget kolak terutama si biji salak ini.

Ibu mertua si Tachi kakak ku suka ngirim biji salak ini buat ibuku, karena aku satu rumah sama ibu ya kebagian icip icip donk. Kalau ga salah udah 3 kali tuh ibu ku di kirimin kolak sama besan nya, baik bener deh ah. Bisa di pastikan sih karena ada instruksi kakakku tuh jadi mertuanya sering kirim kirim he he he.

Berhubung bebrapa hari ini aku lagi rajin motret makanan, tadi pagi cek ricek isi kulkas eh masih ada ubi 1kg sisa bikin Daigaku Imo 2 hari lalu. Mari lah kita beraksi di dapur sebentar , sekali kali bikin kolak kesukaan ibuku deh. Bikinnya gampang dan cepat . 1jam udah siap deh kolak kepul kepul di angkat dari kompor.. Selamat makaan



KOLAK BIJI SALAK

Bahan :
750 gr Ubi jalar oranye
75 gr tepung sagu
1/2 sdt garam
350 gr gula jawa
800 ml air
2 daun pandan
1 sdm maizena + 1 sdm air _aduk rata

Kuah Santan :
200 ml kara
100 ml air
2 daun pandan
1/2 sdt garam
1 sdt maizena

Cara membuat
1. Kupas ubi dan cuci sampai bersih, potong potong kemudian kukus.
2. Haluskan ubi dengan garpu selagi panas sampai lembut, biarkan sampai dingin.
3. Aduk ubi halus dengan tepung sagu sampai rata.
4. Ambil satu sendok teh adonan bentuk bulat, sisihkan
5. Rebus air sampai mendidih , masukkan bola bola ubi dan rebus sampai mengapung.
6. Tiriskan ubi yang sudah matang, sisihkan dahulu.
7. Masukkan gula jawa, garam dan pandan ke dalam air bekas rebusan ubi, rebus sampai gula larut kemudian saring.
8. Panaskan kembali air gula masukkan bola bola ubi masak sebentar supaya ubi menyerap air gula. Beri larutan maizena biarkan mendidih. Matikan api.

Kuah Santan:
1. Aduk santan , air maizena dan garam, kemudian masak sampai mendidih.
2 Biarkan sampai dingin.

Cara penyajian :
Taruh kolak biji salak dalam mangkuk beri kuah santan di atas nya.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...