Senin, 28 Maret 2011

Bolu Kukus Gula Merah


Bulan ini lagi heboh bolkus week nih di milis, kali ini tantangan nya bikin bolu kukus yang mekar itu loh. Kaya nya sih gampang tapiiii masih banyak yang kena kutukan nya jadi ngga mau ketawa tuh bolu kukus nya, karena itu di buat deh tantangan bolu kukus. Host nya para pakar nya donk Mbak Heryanti Saleh, Besta Arlita sama Lily Tyu..

Aku sudah beberapa kali bikin bolu kukus, dulu sih sering nya bantet , atau tuh bolu nggak lucu jadi nya mingkem ga ma ketawa lebar. Setelah nyontek ilmu sana sini alhamdulillah sekarang sudah cihuy deh bikin bolu kukus mekar nya selalu ketawa lebar . Kunci nya tuh kalau lagi bikin bolu kukus harus sambil nonton OVJ qiqiqiq...

Ada banyak versi bolu kukus, yang aku bikin kali ini bolu kukus gula merah. Bikin nya cukup simple nih, adonan nggak perlu di kocok pake mikser dan tidak pakai emulsifier. Tapi bisa mekar dengan cantik nya deh. Yang penting kukusan nya harus panas sekali dan uap nya banyak ya..Setelah adonan masuk ke dalam kukusan, api kompor tetap harus besar .

BOLU KUKUS GULA MERAH
resep mami nya Widya Hidayat

1 Telur
1/2sdt Baking powder
125 ml Air
250 gr Tepung terigu_________ aku pakai 225g saja
250gr Gula merah__________aku pakai gula palem
50gr Mentega di cairkan
1/2sdt Vanili bubuk_____aku pakai vanila pasta

Cara Membuat:
# Cairkan gula merah dengan air, saring sisihkan
#Kocok telur dan baking powder dengan sendok kayu selama 15 menit _____aku pakai mikser 5 menit saja.
# Masuk kan setengah bagian tepung sambil di ayak dan setengah bagian air gula, aduk rata. Masuk kan sisa tepung dan air gula, aduk . Beri mentega cair dan vanila pasta. Aduk sampai rata

#Siapkan loyang bolu kukus yang telah di alas dengan kertas.
#Tuang adonan sampai penuh.
#Kukus dalam dandang yang sudah panas sekali dan uap nya banyak, kukus selama 20 menit.

Selamat mencoba
Mari kita jinak kan bolu kukus mekaaaar

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...