Senin, 28 Maret 2011

Soft Roll Bread



Kemarin aku tuh edaaan banget bikin roti sampai 3 adonan *kurang kerjaan * pertama bikin roti pandan keju, trus lanjut bikin soft roll ini. Tau soft roll kan ? roti lembut enak gitu terjemahan bebas nya. Roti ini dalam nya lembut di bagian dalam dan di bagian luar. Biasa nya di buat kosong tanpa isi, untuk di makan dengan olesan mentega, selai atau pun madu. Tapi jika ingin di buat jadi roti manis dengan isi pun bisa saja.

Soft Roll ini cocok di sajikan untuk sarapan, roti ini bisa dibuat sekaligus banyak untuk stok di rumah. Setelah roti matang dan dingin bungkus roti dengan plastik seal kemudian bekukan dalam freezer. Jika ingin di makan keluarkan roti diamkan sebentar, panaskan dalam microwave. Roti akan kembali empuk dan segar.

SOFT ROLL BREAD
source: Hotel Borobudur

1kg Terigu Cakra
40gr ragi instan
15gr bread improver ( misal baker bonus)
15gr garam
150gr gula pasir
100gr mentega
250ml susu cair
6 telur utuh

Cara Membuat
*Aduk semua bahan kecuali mentega dan garam
*Setelah setengah kalis masuk kan mentega dan garam, uleni sampai kalis elastis.
*Bulatkan adonan , taruh dalam wadah tutup dengan plastik, diamkan 1 jam
*Timbang adonan 30gr, bulatkan.
*Diamkan 45 menit , oles permukaan dengan susu cair/ telur.
*Oven selama 15menit, angkat oles roti dengan mentega.

note: kalis elastis =adonan sudah tercampur dengan baik dan bisa di tipiskan seperti kulit martabak

5 komentar:

rose mengatakan...

Nice Post.dawn,jang,express newspaper job ads at http://toppakjobs.blogspot.com

Admin : mengatakan...

ragi 40 gr banyak amat ya, ntar aroma rotinya nyengat banget tuh?

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

untuk 1kg tepung , adonan baik baik saja .. kalau ragu silahkan di kurangi menjadi 30gr

irma mengatakan...

aku jg py pertanyaan yg sama. biasa aku pake 11gram (1 sachet fermipan utk 500gr tepung). kalo pake resep ini, berarti aku pake 2 sachet fermipan utk 500gr tepung. atau apakah beda fermipan dengan ragi yang mbak pakai... pengen sekali bikin roti super empuk.

VIANI COOKIES ( aRni) mengatakan...

saya menggunakan fermipan atau saft instan .. jika ragu silahkan kurangi pemakaian ragi menjadi 30gr saja

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...