Rabu, 16 Maret 2011

Mengenal Susu

Susu sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok tiap bulan, bener ga? . Dari bayi baru lahir sampai orang lanjut usia semua mengkonsumsi susu setiap hari nya. Selain untuk di minum langsung susu juga salah satu bahan dalam pembuatan makanan kecil. Dulu waktu belum ada pasar swalayan untuk memperoleh susu kita harus berlangganan dengan tukang susu. Mereka mengantar susu naik sepeda onthel yang di taruh kain tebal bersaku banyak untuk tempat botol susu. Susu sapi murni yang baru di perah, jadi kalau mau minum kita harus mendidihkan nya lebih dulu. Duh enaknya minum susu hangat yang masih segar.

Kalau sekarang orang lebih suka membeli susu dalam kemasan tetra pak, atau menyimpan susu bubuk di rumah . Yang praktis tinggal di seduh air panas, rasa susu pun sudah beraneka ragam, ada coklat, stoberi, madu bahkan rasa pisang dan melon. Semua mengikuti selera yang makin suka mencoba hal baru sepertinya.

Susu ada berbagai macam istilah yang sebenar nya menunjukkan proses untuk membuat susu lebih awet dan lebih mudah di olah. Susu segar sudah semakin jarang di temukan. Jika di supermarket di temukan susu segar itu sebenar nya susu cair yang sudah di awetkan agar tahan lama. Mari kita kenali istilah susu ya, supaya tidak bingung menentukan pilihan.

ANEKA SUSU
Source : buku primarasa

SUSU PASTEURISASI
Susu cair yang telah melalui proses pasteurisasi pada suhu 75 derajat celcius selama 15 detik, lalu di dinginkan pada suhu 10 derajat celcius dan di kemas dalam botol steril atau karton steril. Krim susu akan terpisah dan terkumpul di permukaan. Susu pasterurisasi hanya tahan beberapa hari di dalam lemari es.

SUSU HOMOGEN
Diperoleh dari susu pasteurisasai yang di proses dengan tekanan tinggi agar lemak nya tidak berkumpul di permukaantapi mrata dalam susu. Waktu di rebus susu ini harus selalu di aduk agar lemak nya tidak memisah. Susuhomogen harus di simpan dalam lemari es. Tahan selama satu minggu.

SUSU UHT (Ultra High Temperature)
Dibuat dari susu cair yang di panaskan dengan suhu 137 derajat celcius. Susu ini praktis karena awet dan tahan berbulan bulan tanpa di simpan dalam lemari es. Rasa nya mirip susu homogen, Untuk membuat masakan pakai lah yang rasa nya tawar.

SUSU STERIL
Susu homogen dalam botol atau kaleng steril yagn telah di panaskan hingga 110 derajat celcius. Sehingga menjadi lebih kental dan tahan lama sekali, bahkan hingga tahunan sekalipun tidah di simpan dalam lemari es.

SUSU EVAPORASI/SUSU KENTAL TAWAR
Biasa di kenal dengan istilah evaporated milk , Jenis susu yang telah di uapkan sebagian airnya, hingga kental. Untuk menggunakan nya tambahkan 2 bagian air. Atau bisa juga tanpa penambahan air. Sering di pakai untuk pengganti krim encer pada kopi atau sup.

SUSU KENTAL MANIS
Istilah nya Condensed milk, sesuai dengan nama nya susu ini kental dan manis sekali. Jika akan di gunakan untuk membuat kue atau puding perhitungkan kadar gula nya. Paling banyak di gunakan untuk pelengkap pada es campur, martabak manis atau pancake.

SUSU BUBUK
Hasil olahan susu segar yang di keringkan hingga berbentuk bubuk. Ada yang penuh kandungan lemak nya (full cream ), ada yagn di buang sebagian lemak nya (low fat), atau yang tanpa lemak sama sekali ( skim/ nonfat). Untuk membuat susu cair , larutkan 3 sendok makan susu bubuk dengan 250ml air panas, atau ikuti keterangan pada kemasan.


Ada juga jenis susu tertentu yang banyak di pakai dalam resep masakan atau kue barat. Jika ada resep yang memakai salah satu bahan berikut anda bisa menggantinya dengan mudah.

BUTTERMILK
Cairan sisa pemrosesan mentega. Susu jenis ini biasanya kentaldan bisa langsung di minum. Banyak di gunakan untuk campuran kue. Jika di beri soda kue susu ini berfungsi sebagai bajan pengembang. Kalau tak ada bisa di ganti dengan susu asam atau di buat sendiri dari 300ml susu cair di beri 1sdm air jeruk nipis, aduk rata diamkan 30 menit.

SUSU ASAM/ SOURMILK
Susu ini rasa nya asam karena proses fermentasi. Fungsi nya sama dengan buttermilk, untuk membuat sendiri 300ml susu cair + 1sdm air jeruk nipis/cuka, aduk diamkan 30 menit sampai bergumpal baru bisa di pakai. Tambahkan 1/2sdt soda kue dan siap di pakai sebagai bahan pengembang.

YOGHURT
Susu yagn di fermentasikan, rasa nya asam tapi lebih kental dari susu asam. Sekarang ada juga yang sudah di campur perasa, sehingga tidak hanya tawar saja. Biasa di gunakan utnuk campuran salad, minuman atau untuk masakan.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...